Selasa, 25 April 2017

JENIS – JENIS USAHA JASA CATERING


       Walaupun usaha catering bisa dilakukan sebagai usaha sampingan sekalipun, namun tidak semua jenis usaha katering yang bisa dilakukan sebagai usaha sampingan. Contohnya jenis usaha katering pesta perkawinan, diperlukan keseriusan, modal yang cukup dan sumber daya manusia yang memadai untuk menerima katering perkawinan. 


Berikut ini, ada beberapa jenis usaha jasa catering:
1. Usaha Katering Pesta
Usaha katering pesta melayani pesanan masakan untuk acara tertentu dalam jumlah besar yang bisa kita hidangkan baik secara prasmanan maupun secara piringan atau a'la carte. Oleh sebab itu usaha katering pesta tidak bisa dijadikan sebagai usaha sampingan, perlu perencanaan, keseriusan dan pengelolaan yang benar untuk terjun di usaha katering pesta, karena diperlukan modal usaha yang cukup besar dalam usaha katering pesta karena anda mesti melengkapi peralatan memasak dan peralatan makan yang cukup banyak, sumber daya manusia yang di perlukan juga cukup banyak saat ada pesanan.

2. Usaha Katering Box
Jenis usaha katering box atau bisa juga memakai 'rantang' melayani pesanan masakan dalam kemasan rantang atau box. Menu yang di buat disesuaikan untuk makan siang karyawan kantor atau pelanggan rumah tangga, masakan biasanya di antar setiap hari dengan menu masakan yang berbeda beda setiap harinya.
3. Usaha Katering Perusahaan
Jenis usaha katering perusahaan sebetulnya hampir mirip dengan jenis usaha katering box, yang membedakan dalam jasa katering perusahaan masakan bisa disajikan dengan sistem prasmanan selain dengan sistem box. Biasanya jenis usaha jasa katering perusahaan ini dilakukan untuk perusahaan atau pabrik besar yang mempunyai banyak karyawan dengan sistem kerja shifting.
4. Usaha Katering Rumah Sakit
Jenis usaha katering rumah sakit menyediakan masakan khusus pasien rumah sakit. Nilai gizi sangat diperhatikan di bandingkan dengan rasa. Usaha katering rumah sakit mesti diawasi dengan ketat oleh ahli gizi yang direkomendasikan dari rumah sakit. Menu masakan yang disediakan disesuaikan dengan jenis penyakit pasien, kemampuan dalam menghitung gizi sangat dibutuhkan.
5. Usaha Katering Tranportasi
Moda tranportasi seperti pesawat terbang, kereta api, kapal laut, dan bus antar provinsi dengan jarak tempuh yang cukup jauh biasanya menyediakan makanan sebagai bagian dari pelayanannya. Jenis bisnis katering transportasi ini di khususkan untuk perusahaan moda transportasi, biasanya masakan di sajikan dalam kemasan kotak beserta minumannya.
Ada beberapa kriteria khusus yang diberikan dalam pengemasan terutama untuk moda tranportasi udara, diperlukan kemasan yang tahan goncangan, tahan bocor dan lainnya yang biasanya di syaratkan oleh masing masing maskapai penerbangan. Masakan yang disajikan bisa berupa masakan pokok maupun berupa kue.
6. Usaha Katering khusus
Usaha katering khusus menyediakan masakan bagi pelanggan tertentu seperti katering khusus diet, katering khusus vegetarian, katering khusus olahragawan dan lainnya. Harga yang kita terima biasanya relatif lebih mahal, namun diperlukan keahlian khusus untuk menghitung nilai gizi dari masakan kita sesuai dengan yang dibutuhkan pelanggan kita dan rasa juga harus enak.

1 komentar:

  1. Casino Games | DrmCD
    We make our 한게임 포커 games fun and exciting while 보령 출장안마 making every effort possible! 이천 출장샵 With 김포 출장마사지 over a dozen exciting games for your 부산광역 출장안마 convenience, we have something for everyone! Rating: 3.9 · ‎33 reviews

    BalasHapus